ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM KOTA LAYAK ANAK (KLA) DALAM MEMENUHI HAK SIPIL DAN KEBEBASAN ANAK DI KOTA PEKANBARU

  • Abdiana Ilosa Universitas Islam Negeri Sutan Syarif Kasim Riau
  • Rusdi Rusdi Universitas Islam Negeri Sutan Syarif Kasim Riau
Keywords: Kebijakan Publik, Implementasi, Kota Layak Anak (KLA), Hak Sipil dan Kebebasan Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis pelaksanaan program kota layak anak dalam memenuhi hak sipil dan kebebasan anak di kota pekanbaru. Yang melatarbelakangi penulis untk melaksanakan penelitian ini adalah Kota Pekanbaru telah mendapatkan penghargaan KLA yang meningkat tiap tahun nya, dimana pada tahun 2015-2017 mendapatkan peringkat pratama, pada tahun 2018 naik lagi menjadi madya, dan mendapatkan penghargaan Forum Anak terbaik, lalu tahun 2019 mendapatkan 3 penghargaan yaitu naik peringkat menjadi nindya, mendapatkan penghargaan sekolah ramah anak, dam penghargaan Puskesmas Ramah anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptfif dan teknik penentuan  informan penelitian memakai key informan. Untuk menjawab tujuan penelitian peneliti menggunakan indikator dari Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  No 12 Tahun 2011 tentang Indikator Kabupaten/Kota  Layak Anak.

Hasil dari penelitian ini tentaang pelaksaan Program KLA dalam memenuhi Hak sipil dan kebebebasan anak di Kota Pekanbaru sejauh ini sudah berjalan lebih baik dari pada sebelum nya walaupun belum bisa menyumbang nilai tinggi untuk mencapai kategori Kota Layak Anak. Hambatan dalam proses pelaksanaan adalah dari faktor dana yang masih minim dan masih berasal dari PAD belum ada kerjasama dengan pihak swasta, kemudian dari segi Sumber daya Manusia karna seringnya pergantian pejabat sehingga harus disosialisasikan kembali kepada pejabat yang baru tentang KLA.  Terahir regulasi yang belum terlalu mengikat semua organisasi perangkat daerah (OPD) untuk bersinengitas secara total dalam mewujudkan program KLA.

Published
2020-06-03
How to Cite
Ilosa, A., & Rusdi, R. (2020). ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM KOTA LAYAK ANAK (KLA) DALAM MEMENUHI HAK SIPIL DAN KEBEBASAN ANAK DI KOTA PEKANBARU. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 2(1), 87-101. https://doi.org/10.24036/jmiap.v2i1.118

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.