PELAKSANAAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SITIUNG KECAMATAN SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA

  • Trismadi Pranata Tris universitas negeri padang
  • Dasman Lanin Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Universitas Negeri Padang
  • Adil Mubarak Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Universitas Negeri Padang
Keywords: Kata Kunci: Kualitas pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dhasrmasraya.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan penelitian dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah berobat di Puskesmas Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dhasrmasraya dilihat dari aspek bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap(responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) yaitu: (1) Indikator Bukti fisik (Tangibles) dalam kategori persentase baik sehingga kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya dilihat dari indikator Bukti Fisik (Tangibles) dinilai sudah berkualitas. (2) Indikator Kehandalan (Reliability) juga berada pada kategori persentase baik sehingga kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya dilihat dari indikator Keandalan (Reliability) dinilai sudah berkualitas. (3) Indikator Daya Tanggap (Responsiveness) dalam kategori persentase baik sehingga kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya dilihat dari indikator Daya Tanggap  (Responsiveness) dinilai sudah berkualitas. karena tenaga medis sudah  menerima dan melayani denga baik serta melakukan tindakan sesuai prosedur. (4) Indikator Jaminan (Ansurance) berada pada kategori persentase baik sehingga kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya dilihat dari indikator Jaminan (Ansurance) dinilai sudah berkualitas. (5) Indikator Empati (Emphaty) dalam kategori persentase baik sehingga kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya dilihat dari dimensi Empati (Emphaty) sudah berkualitas.

Published
2020-02-15
How to Cite
Tris, T., Lanin, D., & Mubarak, A. (2020). PELAKSANAAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SITIUNG KECAMATAN SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 1(3), 51-55. https://doi.org/10.24036/jmiap.v1i3.48

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.