Pemanfaatan Aset Daerah dalam Menunjang Pelayanan Publik di Kantor Camat Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo
Abstract
This study aims to determine the Utilization of Regional Assets in Supporting Public Services at the Batudaa Pantai Sub-District Office, Gorontalo Regency. With sub-focus research namely coordination, maintenance, and supervision. This research uses descriptive qualitative research. The data collection techniques used are: Observation techniques, interviews and recording secondary data. In accordance with the type of research used, the data analysis technique used is qualitative analysis technique. The results showed that, the results of research on the Utilization of Regional Assets in Supporting Public Services seen from the aspects of coordination, maintenance, and supervision are still lacking or not effectively carried out in supporting public services at the Batudaa Pantai Sub-District Office, Gorontalo Regency. The things suggested in this study are the need for the findings of the problems identified in this study such as lack of coordination, lack of asset maintenance, and ineffective supervision can be used as benchmarks or recommendations for improving asset utilization in improving public services.
References
Agus Dwiyanto, 2015. Mewujutkan Good Govermance melalui Pelayanan Publik, Gajah Mada Universiti Prees.
Alwi,Syafarudin, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Strategi Keunggulan Kompetetif, Edisi Pertama, Cet. Pertama: BPFE (Fakultas ekonomi UGM).
Cresweli, John W., 2015, Research Design, Pendekatan Kualitatif Kuantitatif dan Mixed, Edisi ketiga, Cetakan Pertama: Pustaka Belajar.
Gunawan, 2012. Organisasi dan Manajemen dalam Menghadapi Globalisasi. Gramedia Pustaka Ilmu.
Handayaningrat, Soewarno, 2012. Pengantar Studi Ilmu Adminisrasi dan Cetakan Ke Sepuluh : CV Haji Masangung.
Handoko, T Hani., 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Keenam Belas: BPFE UGM.
Hasibuan, Malayu S.P., 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Cetakan Ke Dua Puluh, Bumi Aksara.
Mahmudi, 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik : UPP AMP YKPN.
Manulang., 2013. Dasar-Dasar Manajemen, Cet akan Kedelapan Belas : Gajah Mada Universiti Press.
Moonir, 2013. Kinerja Organisasi Dan Reformasi Pelayanan Publik, Bumi Aksara.
Moleong, Lexi J., 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cetakan Ketiga Puluh dua : PT Remadja Rosdakarya.
Mulyadi, Dedy., 2015. Adminisrasi Publik Untuk pelayanan Publik : Konsep dan praktik adminstrasi, Alfabeta.
Nawawi, Handari, 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ketiga: Gama Press.
Panggabean, 2012. Manajemen Sumber daya manusia. Ghalia Indonesia.
Pasolong, Harbani, 2013. Teori Administrasi Publik. Cetakan Ke-5: Alfabeta.
Ratminto, Winarsi. 2013. Kualitas Pelayanan Publik Dalam Organisasi Pemerintah: Binarupa Aksara.
Riduan., 2015. Metode Dan Tehnik Menyusun Tesis, Pengantar Kata Buchari Alma, Cetakan Ketiga: Alfabeta.
Sigian, S.P, 2012. Organisasi Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi: Gunung Agung.
Sianipar, S.A, 2014. Mutu Pelayanan dalam Organisasi Sektor Publik: PT. Raja Grafindo.
Sinambela, Potiak, Lijan., 2014. Reformasi Pelayanan Publik: Bumi Aksara.
Siregar, Doli D, 2014. Manajemen Aset : Bumi Aksara.
Sugiono., 2020. Memahami Metode Penelitian Kualitatif : Alfabeta.
Sumaryadi, Sosiologi, 2016. Pemerintahan : Dari Prespektif Pelayanan Pemberdayaan ,Interaksi dan Sistem Kepemimpinan Pemerintahan Indonesia. Ghalia Indonesia.
Syafiie, Inu Kencana, Djamaludin Tanjung , Supardan Modeong, 2014. Ilmu Administrasi Publik, Rineka Cipta
The, Liang Gie., 2015, Administrasi Perkantoran Modern, Cetakan Ketujuh : Liberti
Tjiptono,Anastasia, 2013. Manajemen Personalia: Prenada Media Group.
Widjaya, AW. 2014. Pemerintahan Desa dan Administrasi Desa. Rajawali Press.
Winardi, 2012. Kepemimpinan Dalam Manajemen: Rineka Cipta
Wursanto, A.2014. Manajemen Pelayanan Sektor Publik : Erlangga
Yusuf, 2014. Norma dan Etika Ekonomi Islam : Gema Insani Press Ukura.
Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.