PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN (MUSRENBANG) DI NAGARI SUNGAI NANAM KABUPATEN SOLOK

  • Afda Liza Fitri Universitas Negeri Padang
  • Lince Magriasti Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Universitas Negeri Padang

Abstract

Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) nagari adalah forum komunikasi bagi para pelaku kepentingan dan juga masyarakat untuk membahas rencana pembangunan yang berbasis masyarakat. Dalam Musrenbang nagari, pihak-pihak yang harus terlibat adalah seluruh stakeholder yang mewakili dari segala bidang kehidupan masyarakat. Namun, dalam pelaksanaannya di Nagari Sungai Nanam, tidak seluruh stakeholder dan juga masyarakat yang seharusnya terlibat, mengikuti kegiatan Musrenbang nagari tersebut. Hal ini disebabkan karena minimnya informasi yang sampai kepada masyarakat, juga latar belakang pekerjaan masyarakat di Nagari Sungai Nanam.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Teknik dalam pengumpulan data adalah melalui wawancara dan studi dokumentasi. Teknik dalam menganalisis data menggunakan trianggulasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa partisipasi masyarakat dalam Musrenbang di Nagari Sungai Nanam masih termasuk kategori sedang. Kurangnya partisipasi masyarakat dalam Musrenbang di Nagari Sungai Nanam disebabkan oleh bebrapa faktor yang menghambat, yaitu minimnya pengetahuan masyarakat tentang Musrenbang, minimnya informasi mengenai jadwal pelaksanan kegiatan Musrenbang, faktor pekerjaan masyarakat, juga  jenis kelamin.

 

 

 

Kata kunci: partisipasi, masyarakat, Musrenbang, pembangunan.

Published
2020-02-15
How to Cite
Fitri, A., & Magriasti, L. (2020). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN (MUSRENBANG) DI NAGARI SUNGAI NANAM KABUPATEN SOLOK. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 1(3), 109-120. https://doi.org/10.24036/jmiap.v1i3.73

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.