PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN KEUANGAN DAN ASET NAGARI DI NAGARI TARATAK BARU KECAMATAN TANJUNG GADANG KABUPATEN SIJUNJUNG

  • Dicky warnedi Warnedi mahasiswa
  • Hasbullah Malau Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Universitas Negeri Padang
Keywords: Pengelolaan, Keuangan Nagari, Aset Nagari

Abstract

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh Pengelolaan dan pemanfaatan aset dan keuangan nagari yang wajib dilakukan dengan penuh tanggungjawab oleh pemerintah dalam mengelola  aset maupun keuangannya. tapi, di Kabupaten Sijunjung pengelolaan dan pemamfaatan keuangan dan aset nagarinya belum terselenggara dengan baik. Peneliti  ingin mengetahui dan mendeskripsikan seta menganalisis proses-proses pengelolaan dan pemamfaatan keuangan, aset nagari dan kesiapan pemeintah nagari dalam pengelolaan dan pemanfaatan keuangan maupun aset nagari serta permasalahan dalam pengelolaan keuangan dan aset Nagari di Kabupaten Sijunjung.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif . penelitian ini dilakukan di nagari Taratak Baru di Kabupaten Sijunjung . peneliti memilih informan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik pengujian keabsahan data dengan triangulasi metode. Sedangkan teknik analisis data mengacu pada teknik yang dikembangkan oleh Sugiyono.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan aset dan keuangan nagari di Kabupaten Sijunjung masih belum baik. . Masih banyak kendala dalam pengelolaan keuangan dan aset, kendalanya  pada rencana anggaran pendapatan dan belanja nagari yang  belum tepat waktu dan masih banyaknya kendala dibagian sumber daya manusia yang ahli dalam akuntansi. Pada pengelolaan aset nagari masih terdapat permasalahan pada inventaris aset nagari yang pengolahan datanya masih kurang baik dan tanah milik pemerintah nagari yang belum bersetiikat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kata Kunci : Pengelolaan, Keuangan Nagari, Aset Nagari

Published
2020-02-15
How to Cite
Warnedi, D., & Malau, H. (2020). PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN KEUANGAN DAN ASET NAGARI DI NAGARI TARATAK BARU KECAMATAN TANJUNG GADANG KABUPATEN SIJUNJUNG. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 1(3), 85-90. https://doi.org/10.24036/jmiap.v1i3.87

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.